Rumah Panggong Belitung

Rumah adat Belitung dibangun dengan konsep rumah panggung agar posisinya jauh dari tanah. Hal ini dilakukan agar penghuninya terhindar dari ancaman hewan buas. Rumah Panggong dibedakan menjadi dua jenis sesuai dengan luas lahan milik penduduk: Rumah Panggong yang melebar ke samping atau yang memanjang ke belakang.


Rumah Panggong Belitung
Rumah adat Belitung merupakan rekonstruksi kreativitas arsitektur Belitung yang kental dengan aliran atau cirri khas Melayu. Memang rumah ini adalah bagunan baru, karena sekian banyak rumah adat Belitung nyaris sudah tidak bisa ditemukan lagi. Akan tetapi dengan dibangunnya bangunan Rumah Adat Belitong ini, semua orang bisa mengahui seperti apa sebenarnya bentuk atau Arsitektur Rumah Adat Belitong ini. 








Sebenarnya rumah ini masih bisa ditemukan di daerah Sijuk atau Selat Nasik, namun jumlahnya sedikit sekali.  Rumah Panggong jauh lebih nyaman, sehat, dan mempunyai sirkulasi udara yang baik daripada rumah penduduk pada umumnya. Tapi langkanya kayu dan perawatan yang mahal membuat penduduk enggan membangun Rumah Panggong. "Saat cuaca panas, kayu harus tetap dalam kondisi dingin, dalam cuaca dingin, kayu harus tetap dalam kondisi panas. Ini semua harus dijamin agar kayu tak mudah lapuk.

Comments

  1. Agar tetap lestari sepertinya pemerintah balitung perlu membuat rumah adat ini ditempat khusus, bisa juga di tempat wisata

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kayu Petaling dan Simpor Laki

Sekilas Bangka Belitung

Eksotisme Pulau Lengkuas