Kesejukan Di Gurok Beraye


Gunung Tajam dan Air Terjun Gurok Beraye ini  terletak di Kecamatan Badau di Dusun Air Pegantungan Desa Kacang Botor kurang lebih 32 km dari Tanjungpandan. Diarea ini terdapat kawasan hutan lindung dengan luas area 30 hektar. Dipuncak Gunung Tajam terdapat stasiunrelay TVRI yang dulu dikelola oleh PT.Timah dan sekarang sudah diserahkan kepada Pemda Kabupaten Balitung.
Secara Geografis Gunung Tajam merupakan gunung tertinggi yang ada di Pulau Belitung Ketinggiannya kurang lebih 510 M dari permukaan laut. Gunung tajam adalah gunung non-vulkanik. Gunung ini disebut Gunung tajam karena apabila dilihat sekilas dari jauh, puncak gunung ini terlihat berbentuk segitiga lancip. Gunung Tajam juga potensial sebagai tujuan wisata ziarah karena dipuncak ini terdapat makam Syech Abdullah Abu Bakar salah satu penyebar agama islam pertama di Belitung. Digunung tajam wisatawan juga bisa melakukan kegiatan "mountain climbing" dan berkemah. Digunung tajam terdapat air terjun Gurok Beraye yang berair jernih. Sangat mengasyikan sekali mandi di air terjun setelah lelah melihat-lihat berkeliling di Gunung Tajam.
Suasana alam yang menyejukan
Dari ketinggian bukit, anda bisa melihat dan menikmati keindahan panorama Pulau Belitung. Di Gunung Tajam wisatawan juga bisa melakukan kegiatan "mountain climbing" dan berkemah. Di Gunung Tajam ini juga terdapat Air Rerjun Gurok Beraye yang berair jernih. Airnya yang bersih dan jatuh ke kolam alami yang cukup luas, dimana beberapa spesies ikan air tawar berenang santai di dalamnya, benar-benar kontras dengan lagu burung, yang terbang dari satu pohon ke pohon lain, memang hal ini akan membuat kita semua bisa menyerap udara segar terutama buat mereka yang suka suasana yang bersifat bebas, bebas dari segala bentuk polusi atau gangguan dari keributan dan hiruk-pikuk kehidupan kota.

Daerah ini pernah dikembangkan oleh Belanda sejak 1940 sebagai tempat untuk beristirahat, bersantai-santai saat weekend. Sisa-sisa reruntuhan dapat ditemukan sebagai bangunan tua, seperti: Bungalow, kamar mandi dll. Kehati-hatian dalam mendaki sangat diutamakan disini karena Gunung Tajam juga memiliki tingkat kecuraman layaknya sebuah bukit atau gunung.

Comments

Popular posts from this blog

Kayu Petaling dan Simpor Laki

Sekilas Bangka Belitung

Eksotisme Pulau Lengkuas