Eksotisme Pulau Lengkuas


DI sekitar Pulau Belitung bertebaran pulau-pulau kecil yang cantik mempesona. Sejumlah pulau yang dikelilingi taman karang bawah laut memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi obyek wisata bahari yang bakal memikat hati banyak wisatawan.
Pulau Lengkuas adalah salah satu pulau kecil di Belitung yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Turis dari berbagai daerah di Indonesia bahkan mancanegara menjadikan Pulau Lengkuas sebagai salah satu destinasi utama dalam kunjungan mereka ke Belitung. 

Untuk menjangkau pulau dengan luas sekitar satu hektar ini, pengunjung bisa menempuh perjalanan laut hanya dalam waktu sekitar 20 menit menggunakan perahu motor dari Desa Nelayan Tanjungbinga Kecamatan Sijuk atau 30 menit dari Pantai Wisata Tanjungkelayang.

Dalam perjalanan ke Pulau Lengkuas, perahu akan melewati beberapa pulau seperti Pulau Burung, Pulau Babi dan beberapa pulau kecil lainnya.



Pulau Lengkuas
 Saat perahu mulai mendekati pantai Pulau Lengkuas, pengunjung dapat menikmati taman karang bawah laut yang indah dengan ikan-ikan karang yang hidup di dalamnya. Pemandangan bawah laut ini bisa jelas terlihat berkat perairan yang sangat jernih.

Yang tak kalah menarik, di pulau yang memiliki pasir putih dan jajaran batu granit terdapat bangunan mercusuar yang menjulang tinggi. 

Mercusuar buatan Pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1882 terbuat dari baja setinggi 60 meter. Sayangnya, kondisi bangunan bersejarah setinggi 18 lantai ini belakangan semakin tak terawat dengan baik. Beberapa bagian bangunan mulai dimakan karat sehingga orang harus hati-hati bila berniat naik ke atas.

Comments

  1. salam..kenal..bnayak sekali keindahan2 alam yg dimiliki Indonesia, namun keindhan2 alam tsb bayk yg blm terkelola dgn baik..

    ReplyDelete
  2. salam kenal..berbagai info wisata indonesia..
    mampir ya ke web saya..

    ReplyDelete
  3. wah ternyta..indonesia menyimpan kekayaan alam yg luar biasa...terimaksih gan infonya..mampir ya ..ke web sy

    ReplyDelete
  4. saya belum pernah ke pulai ini, keren banget pemandangannya
    terima kasih aats infonya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kayu Petaling dan Simpor Laki

Sekilas Bangka Belitung